Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Selasa, 29 Maret 2016

SRIWATI ; MAU HIDUP SEHAT LAKUKAN PHBS DAN HINDARI HIV/AIDS



Pinrang – Dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya anak sekolah, Promkes Dinkes Pinrang berpartisipasi dalam Kegiatan Penyuluhan Perilaku Hidup Sehat dan Pencegahan Penyakit HIV/AIDS di kalangan generasi muda (pelajar SMA/SMK) Kab. Pinrang kerjasama Dikpora Pinrang, Dinkes Pinrang dengan Pertamina. Kegiatan berlangsung di SMA 2  Pinrang dan menghadirkan perwakilan dari  SMK 5 Pinrang, selasa (29/03).
Sriwati, SKM, M.Kes  dalam materinya memperkenalkan 8 indikator PHBS untuk institusi pendidikan yaitu CTPS, Jajan di Kantin sekolah sehat, menggunakan jamban yang bersih dan sehat, olahraga teratur dan terukur, berantas jentik nyamuk, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya, ukur berat badan dan tinggi badan secara teratur. “ Sekolah kita dikatakan sehat ketika kita sudah menerapkan pola hidup sehat dengan melakukan 8 indikator ini, “jelasnya.

Selain memberikan materi PHBS Sriwati yang juga menyampaikan materi HIV/ AIDS. “ HIV/AIDS harus kita cegah karena sampai sekarang AIDS masih belum ada obatnya artinya sekali kena HIV maka selamanya HIV ada dalam tubuh, hingga akhirnya mati dalam keadaan AIDS. Dan penyebaran AIDS sekarang ini mulai melonjak dikalangan anak muda terutama yang tinggal di kota, ungkap Sriwati. “HIV itu menular melalui darah, cairan kelamin dan Air Susu Ibu (ASI), namun ada mitos yang salah mengenai HIV bahwa HIV bisa menular melalui keringat, air liur, bersin dan batuk, menggunakan WC yang sama, makan dengan alat makan yang sama, gigitan nyamuk dan serangga lain, serta berenang bersama “, jelasnya. “ Agar tidak terkena HIV-AIDS, Mencegah adalah satu-satunya pilihan, tutupnya. (rusdi/dks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar