Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Kamis, 07 April 2016

GILIRAN MATTIROBULU DAPATKAN MATERI 1000 HPK DAN PHBS-RT

Pinrang – Berlangsung di kantor Kecamatan Mattirobulu, perwakilan desa dan kelurahan, tim penggerak PKK desa/kelurahan dan kader kesehatan mendapatkan materi 1000 HPK dan PHBS-RT, Selasa (05/04).  Drs. Amirullah sebagai Kasi Kesra mewakili Camat Mattirobulu merasa bersyukur kegiatan KIE Kecamatan se Kab. Pinrang oleh Dinkes Pinrang bisa dilaksanakan di wilayah Kec. Mattirobulu.
Dr. H. Aswad, M.Kes Kabid Binkesmas menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sebagai modal yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan dari generasi kita, jelasnya. Siklus 1000 hari dimulai dari terbentuknya janin dalam kandungan selama 9 bulan (270 hari) hingga masa kehidupan pertama bayi selama 2 tahun (730) hari adalah masa kritis yang sangat menentukan kualitas hidup di masa mendatang, ungkapnya.
Di tempat yang sama, Kasi promkes Sriwati, SKM, M.Kes yang menyampaikan tentang perlunya PHBS-RT diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa disebut Rumah Tangga Sehat. Jika masih ada indicator yang belum terpenuhi maka belum bisa dikatakan rumah tersebut RT sehat, jelasnya. Termasuk rokok sebagai salah satu indikatornya, anggota rumah tangga tidak bisa merokok dalam rumah karena akan berisiko terhadap anggota keluarga yang lain, terutama anak-anak dan Ibu yang sementara hamil,  bagi ibu yang semntara hamil bisa menyebabkan kematian pada bayi atau lahir dengan BBLR, ungkapnya.

Peserta begitu antusias mendengarkan materi dengan banyaknya pertanyaan dari peserta yang hadir. (rusdi/dks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar