Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Rabu, 13 April 2016

PATAMPANUA PUN DI KUNJUNGI TIM KIE DINKES PINRANG




Pinrang – DI Aula kantor Kecamatan Patampanua, di Teppo, perwakilan desa dan kelurahan, tim penggerak PKK desa/kelurahan dan kader kesehatan mendapatkan materi 1000 HPK dan PHBS-RT, Rabu (13/04).  Camat Patampanua diwakili oleh Kasi dari Pemerintah Kecamatan beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kec. Patampanua merasa bersyukur kegiatan KIE Kecamatan se Kab. Pinrang oleh Dinkes Pinrang bisa dilaksanakan juga di wilayah Kec. Patampanua.

Kabid Binkesmas Dinkes Pinrang, Dr. H. Aswad, M.Kes menjelaskan tentang pentingnya memperhatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) sebagai masa emas yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan dari generasi kita, jelasnya. Siklus 1000 hari dimulai dari terbentuknya janin dalam kandungan selama 9 bulan (270 hari) hingga masa kehidupan pertama bayi selama 2 tahun (730) hari adalah masa kritis yang sangat menentukan kualitas hidup di masa mendatang, ungkapnya.
Di tempat yang sama, Kasi promkes Sriwati, SKM, M.Kes juga menyampaikan tentang perlunya PHBS-RT diterapkan dalam kehidupan sehari-hari agar bisa disebut Rumah Tangga Sehat. Jika masih ada indicator yang belum terpenuhi maka belum bisa dikatakan rumah tersebut RT sehat, jelasnya. Termasuk rokok sebagai salah satu indikatornya, anggota rumah tangga tidak bisa merokok dalam rumah karena akan berisiko terhadap anggota keluarga yang lain, terutama anak-anak dan Ibu yang sementara hamil,  bagi ibu yang semntara hamil bisa menyebabkan kematian pada bayi atau lahir dengan BBLR, ungkapnya.
Kegiatan yang juga dirangkaikan dengan arisan PKK kecamatan Patampanua ini juga dihadiri oleh beberapa staf PKM Teppo. (rusdi/dks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar