Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Kamis, 10 Maret 2016

PINRANG SERENTAK LAKSANAKAN PIN POLIO



Pinrang – Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang secara nasional dijadwalkan tanggal 8- 15 Maret 2016 serentak dilaksanakan diseluruh Indonesia. Pinrang sendiri sebanyak 439 PosPIN serentak melaksanakan Imunisasi Polio, selasa (08/03/2016), Dengan melibatkan  Tenaga Kesehatan sebanyak 1410 orang  dan Kader Kesehatan sebanyak 1312 orang diharapkan bisa meng’cover’ dari 29.950 orang sasaran PIN Polio kali ini.
Pencanangan PIN Polio Kecamatan Watang sawitto di pusatkan di PosPIN Tunas Muda yang dihadiri oleh Hj. A. Dewiyani Aslam didampingi drg. Dyah Puspita Dewi, Camat Watang Sawitto dan jajaran Muspika Kecamatan Watag sawitto. Pencanangan PIN Polio serentak juga dilaksanakan di semua Kecamatan yang dihadiri oleh pemerintah Kecamatan dan jajaran Muspika kecamatan masing-masing.
Kabid P2PL Dinas Kesehatan Kab. Pinrang, Mursalim Bengnga, SKM, M.Kes, melaksanakan pencanangan PIN Polio bersama Camat dan jajaran Muspika Kecamatan Paleteang. Kabid dan Kasi lingkup Dinas Kesehatan juga telah membagi tugas untuk melakukan pemantauan pelaksanaan PIN Polio di seluruh Puskesmas di Kab. Pinrang. “Ini bagian dari rencana kita dan rencana kegiatan pelaksanaan PIN sudah dimulai sejak November 2015, jelas Sekertaris Pokja Pelaksana PIN kab. Pinrang ini.
Ditempat yang lain, di PosPIN Wakka wilayah kerja PKM Tadang Palie, terpantau Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Sriwati, SKM, M.Kes bersama staf dan Dhirar San sebagai perwakilan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) ikut memantau pelaksanaan PIN disana.
Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) ikut mengambil peran dalam PIN Polio kali ini, sebagai salah satu kader kesehatan sebagai perpanjangan tangan tenaga kesahatan ikut memberikan andil dalam upaya peningkatan derajat kesehatan melalui penyebaran informasi masalah-masalah kesehatan kepada masyarakat, termasuk dalam penyebaran informasi pelaksanaan PIN ini.
 Terpantau di wilayah kerja PKM Lampa tepatnya di PosPIN  Lampa II Dusun Tantu, Nurhayati, yang mengantarkan anaknya Shakila Kaherunisa (10 bulan) menganggap PIN Polio ini sangat penting, “dengan adanya imunisasi ini anak kita bisa terhindar dari penyakit Polio”, harapnya. Warda (Kader kesehatan) ikut mengambil peran menyampaikan kepada ibu-ibu yang memiliki balita untuk membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi Polio, “kita sudah menyampaikan informasi pelaksanaa PIN ini melalui mesjid-mesjid dan menghubungi ibu-ibunya secara langsung”,jelas Kader yang sudah mengabdi sudah 5 tahun ini.

Peran serta Ibu-ibu membawa balitanya untuk mendapatkan Imunisasi Polio bisa saja mendapatkan kendala sehinggi tidak bisa hadir di PosPINnya masing-masing. “Balita yang tidak sempat datang untuk mendapatkan  imunisasi Polio akan dilakukan sweeping kembali paling lambat tanggal 15 Maret 2016, sesuai dengan jadwal nasional yang telah ditetapkan, harap Kabid Binkesmas, dr. H. Aswad, M.Kes sebagai Koordinator Pemantau PIN Polio di wilayah PKM Teppo. (rusdi/dinkes)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar