Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Selasa, 15 Maret 2016

1000 HPK dan PHBS-RT disampaikan dalam Penyuluhan di Kantor Kecamatan Wt. Sawitto



Pinrang – Kader Kesehatan dan perwakilan Kelurahan se_Kecamatan Wt. Sawitto mendapatkan Materi 1000 HPK dan PHBS-RT disampaikan dalam KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Penyuluhan Kesehatan di kantor Kecamatan Watang Sawitto, Selasa (15/03). Dihadiri Kabid Binkesmas Dinkes Pinrang yang mewakili Kadis Kesehatan, Kasi Promkes Sriwati, SKM, M.Kes, Kasi Gizi Masyarakat St. Chadijah, SKM, Perwakilan dari Kelurahan dan Kader Kesehatan.
Sekcam Wt.Sawitto, Besse Erna, S.IP, M.Si menyampaikan bahwa penyuluhan kesehatan ini penting sebagai bekal ilmu yang nantinya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) perlu diketahui, dan peran dari kader Kesehatan dan juga perwakilan kelurahan memiliki beban moral untuk menyampaikan ilmu yang didapatkan kepada keluarga, dan masyarakat
Pentingnya HPK ini akan mempengaruhi perkembangan otak anak dan akan mempengaruhi kognitif
dan prestasi belajar anak, mempengaruhi pertumbuhan dan komposisi massa tubuh yang berhubungan dengan kapasitas dalam bekerja nantinya, jelas dr. H. Aswad, M.Kes. Apabila terjadi kekurangan zat gizi pada 1000 HPK maka akan memperlambat perkembangan motoric dan kecerdasan anak, daya tahan tubuh akan rendah terhadap penyakit infeksi, mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak, serta pada ibu hamil potensial menderita animea, KEK dan akan melahirkan bayi BBLR, tambahnya dalam materinya.

Di tempat yang sama, Sriwati juga memberikan materinya bahwa pentingnya Perilaku Hidup bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga yang terdiri dari 10 indikator dijadikan sebagai kebiasaan untuk menjadikan Rumah tangga kita  Rumah tangga yang sehat diantaranya Persalinan ditolong Nakes, Asi Eksklusif, Menimbang BB anak secara teratur, Menggunakan Air Bersih, Menggunakan jamban sehat, CTPS, bebas jentik, beraktifitas fisik, konsumsi buah dan sayur dan tidak merokok dalam rumah. (rusdi/dks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar