Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Kamis, 03 Maret 2016

ASWAD ; TANGGULANGI DBD DENGAN PSN LEWAT CARA 3M PLUS PESAN DALAM PERTEMUAN RUTIN PETUGAS PROMKES PKM

Pinrang – Pengelola program Promkes PKM se-Kabupaten Pinrang melakukan evaluasi sekaligus arisan di Dinas Kesehatan, kamis (03/06/2016). Evaluasi kegiatan yang rutin dilakukan setiap bulan untuk mendapatkan solusi bersama terhadap hambatan dari kegiatan yang dilaksanakan selama ini. Kabid Binkesmas Dinkes Pinrang dr. H. Aswad. M.Kes didampingi oleh Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Sriwati, SKM,M.Kes.
Dr. Aswad dalam arahannya yang juga diikuti oleh Bidan-bidan dari PKM menyampaikan tentang upaya penanggulangan DBD yang sekarang ini sementara gencar-gencarnya ditanggulangi oleh Pemerintah bekerjasama seluruh lapisan masyarakat. Dalam materinya upaya fogging (pengasapan) bukan menjadi solusi utama karena hanya membunuh nyamuk dewasa tetapi PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) melalui cara 3M plus; Menguras, Menutup dan Mengubur, Plus memakai kelambu, menggunakan obat nyamuk,dll merupakan cara paling mudah dan murah sekaligus bisa membunuh sampai pada jentik nyamuk, jelasnya.

Sriwati, SKM,M.Kes  juga menyampaikan didepan para petugas Promkes PKM bahwa strategi promosi kesehatan harus bisa diterapkan dalampelaksanaan kegiatan di PKM. Fungsi advokasi, Bina suasana dan gerakan pemberdayaan masyarakat harus bisa dijalankan demi efektifitas kegiatannya, jelasnya. Kita harus bekerjasama dengan semua lintas sector dan lintas program demi suksesnya kegiatan yang kita laksanakan,imbuhnya.
Petugas promkes PKM yang hadir diberikan poster dan lembar balik serta beberapa panduan sebagai bekal untuk petugas promosi kesehatan untuk menyampaikan pesan kesehatan sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan. (rusdi/dinkes)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar