Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Kamis, 28 Januari 2016

ROADSHOW PENGENALAN DINI DAMPAK ROKOK, GIZI SEIMBANG DAN CTPS KEMBALI DILAKSANAKAN OLEH PROMKES DINKES PINRANG

          


Pinrang (Dinkes) – Wujud kepedulian terhadap upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, Dinas Kesehatan melalui Bidang Binkesmas Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan Roadshow pengenalan dini dampak rokok, gizi seimbang dan CTPS di Kab. Pinrang. SDN 110 Tasiwalie Ujung Lero, SDN 4 Pinrang Wil. Kerja PKM Salo, SDN 102 Suppa,  SDN 62 Ulo Lanrisang telah dikunjungi oleh Tim Promkes dibawah Koordinir Kabid Binkesmas dr. H.Aswad, M.Kes dan Kasi Promkes Sriwati, SKM, M.Kes. Dan jadwal kunjungan hari ini adalah SDN 164 Patobong menjadi sasaran selanjutnya sebagai SD yang ditunjuk sebagai wakil dari wilayah kerja PKM Mattombong, Rabu (27/01/2016).

Rombongan tim Dinkes diterima langsung oleh Staf Pengajar SDN 164 Patobong. Selanjutnya rombongan dibagi menjadi 3 tim yaitu Tim 1 terdiri dari Sriwati, SKM, M.Kes dan Kartini A. Sugama, SKM, Tim 2 terdiri dari Amrullah, SKM, Ria Febriana Mukhtar, SKM dan Winda Sari Khalid serta tim 3 terdiri dari  dr. H. Aswad, M.Kes, Muhammad Rusdi, SKM dan Yosphin Sannang, SKM serta didampingi oleh Petugas promkes PKM Mattombong sebagai narasumber untuk menyampaikan materi tentang Cara Cuci tangan yang baik dan benar serta materi tentang Gizi Seimbang yang menjelaskan tentang asupan makanan yang kita konsumsi setiap hari serta pengenalan dampak rokok terhadap kesehatan secara dini yang menerangkan tentang bahaya merokok bagi tubuh dan  zat-zat yang berbahaya dalam 1 batang rokok. Kombinasi materi dengan permainan dan reward menjadikan siswa bisa lebih aktif dan tidak merasa jenuh dengan materi yang diberikan.
Sriwati, SKM, M.Kes menjelaskan dalam sela-sela kunjungan ke Patobong, tentang kegiatan Roadshow ini dilaksanakan di Sekolah Dasar yang telah ditunjuk oleh seluruh PKM se- Kab. Pinrang. Jadi dalam pelaksanaan Roadshow ini akan ada 16 SD yang akan kita kunjungi, 1 SD mewakili 1 PKM sebagai percontohan dan sengaja kita melibatkan petugas promkes Puskesmas dalam kegiatan ini agar bisa mereflikasi kegiatan ini ke SD yang lainnya, jelasnya.
Dalam pelaksanaanya dilapangan terjadi interaksi aktif dengan siswa karena siswa dilibatkan aktif dalam kegiatan ini dalam bentuk role play dan menyanyi. Mudah-mudahan metode ini bisa membantu siswa dapat menyerap dan memahami materi yang kita berikan lebih cepat dan mudah serta bisa mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, harapnya. (rusdi/dinkes)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar