Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Rabu, 13 Januari 2016

DINKES LAKSANAKAN SOSIALISASI 1000 HPK DAN PELANTIKAN PENGURUS PERSAGI KAB. PINRANG



Pinrang – Dinas Kesehatan Seksi Gizi Masyarakat laksanakan Sosialiasasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) serta pelantikan pengurus DPC PERSAGI ( Persatuan Ahli Gizi Indonesia) Kab. Pinrang periode 2015-2020 di Aula Kantor Bappeda, Senin (21/12/2015). Acara Sosialisasi dihadiri oleh Ketua tim Penggerak PKK Kecamatan se Kab. Pinrang, utusan dari instansi terkait yaitu Dinas Ketahanan Pangan , dan para pendamping gizi PKM se Kab. Pinrang
Kepala Dinas Kesehatan diwakili oleh Kabid Binkesmas dr. H. Aswad, M.Kes menyampaikan ucapan terimakasih atas partisipasi dari semua undangan untuk menghadiri kegiatan sosialiasasi ini. Khususnya lintas sector baik dari Dinas terkait maupun dari ketua tim penggerak kecamatan, ungkapnya.
Hj. Andi Dewiyani Aslam selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Pinrang didampingi drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes membuka acara Sosialisasi ini dengan menyampaikan ucapan terima kasih kepada peserta terutama ucapan terima kasih kepada narasumber dari Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan dan berharap semua peserta bisa menyerap ilmu dari materi yang disampaikan, harapnya.
Astati Made Amin, S.SiT, M.Kes, Kasi Gizi Masyarakat Dinas kesehatan Propinsi Sulsel dalam materinya tentang  1000 hari pertama kehidupan bahwa pentingnya HPK ini akan mempengaruhi perkembangan otak anak dan akan mempengaruhi kognitif dan prestasi belajar anak, mempengaruhi pertumbuhan dan komposisi massa tubuh yang berhubungan dengan kapasitas dalam bekerja nantinya, jelasnya.
Kegiatan yang bertemakan ‘Selamatkan Anak Negeri ‘ Narasumber Propinsi ini menjelaskan apabila terjadi kekurangan zat gizi pada 1000 HPK maka akan memperlambat perkembangan motoric dan kecerdasan anak, daya tahan tubuh akan rendah terhadap penyakit infeksi, mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak, serta pada ibu hamil potensial menderita animea, KEK dan aakan melahirkan bayi BBLR, jelasnya dalam materinya. Peran Lintas sector baik Pemda, organisasi profesi, akademisi, Dunia Usaha, mitra pembangunan, media massa, organisasi kemasyarakatan dan parlemen harus terjalin dengan baik guna mensukseskan Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi, tutupnya.

Diakhir kegiatan disaksikan oleh seluruh peserta sosialisasi Dr. Nadimin, SKM, M.Kes Ketua DPD Persagi Propinsi Sulsel melantik pengurus DPC Persagi Kab. Pinrang periode 2015-2020. Ketua Persagi Kab, Pinrang periode ini adalah H. Muh. Agus Saad, SKM, M.Kes  yang juga merupakan Kepala Puskesmas Tuppu. (rusdi/dinkes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar