Health Is Not Everything But Without Health Everything Is Nothing

Senin, 28 Desember 2015

SAKA BAKTI HUSADA CABANG PINRANG LAKSANAKAN PERTICAB DI ALUPPANG

Dinkes - Seksi Promosi Kesehatan Bidang Binkesmas Dinas Kesehatan melaksanakan Perkemahan Bakti  Cabang Saka Bakti Husada sekaligus Pengukuhan pengurus Saka Bakti Husada Cab Pinrang yang berlangsung di Dusun Aluppang Desa Padakkalawa, 16-18 Oktober 2105. Dengan mengusung tema kegiatan meningkatkan bakat siswa dalam menunjang pembangunan nasioanal khususnya di bidang kesehatan.
Acara pembukaan  dibuka oleh Wakil Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Pinrang dan didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. H. Muh. Ridha, M.Kes selaku ketua  majelis pembimbing Saka Bakti Husada Cab. Pinrang, Sabtu (17/10/2015) pagi. Kabid dilingkup Dinas Kesehatan dan Kepala Puskesmas selaku anggota Mabi Saka Bakti Husada juga hadir serta pengelola program Puskesmas yang berkaitan dengan krida-krida SBH. Juga hadir Ketua Mabi Satuan Karya yang ada di Kab. Pinrang, unsur Tripika Kec. Mattirobulu, Kepala Desa Padakkalawa dan jajarannya serta beberapa Pembina Pramuka dari Kwartir Cabang Pinrang.
Drs. Djasman Tanreso, M.Si selaku Wakil Ketua Kwarcab Pinrang selain membuka acara juga mengukuhkan pengurus Saka Bakti Husada Cab. Pinrang masa bakti  2013-2018 yang terdiri dari unsur Majelis Pembimbing SBH, Pamong Saka dan pempinan Krida-krida Saka Bakti Husada.
Kepala Dinas Kesehatan selaku ketua Mabi SBH cab. Pinrang menyampaikan bahwa kegiatan saka bakti husada bukan “barang” baru karena dulu sudah pernah aktif yang kemudian kita aktifkan kembali. Beliau juga menambahkan bahwa siswa yang menjadi anggota Saka Bakti Husada nantinya menjadi kader kesehatan yang bisa membantu petugas kesehatan dalam mensukseskan pelaksanaan program-program kesehatan.
Perkemahan diikuti sebanyak 14 SMA/SMK/MA dari 21sekolah yang diundang se- Kab. Pinrang dengan jumlah peserta sebanyak 297 siswa. Siswa dibekali dengan materi krida dibawakan oleh  masing-masing penanggung jawab program yang ada di Dinas Kesehatan. Saka Bakti Husada memiliki 6 krida yaitu krida Lingkungan sehat, krida bina penanggulangan penyakit  merupakan binaan Bidang P2PL, krida keluarga sehat, krida bina gizi, dan krida bina bina PHBS merupakan binaan Bidang Binkesmas, serta krida bina obat merupakan binaa Bidang Pembekalan , yang memiliki masing-msing Syarat Kecakapan Khusus (SKK).
Dalam menyemarakkan kegiatan perkemahan ini dilaksanakan lomba penyuluhan, lomba video kesehatan, lomba poster, lomba jelajah krida, dan lomba kebersihan dan kerapian tenda. Malam hiburan dan pemutaran video kesehatan yang dibuat oleh utusan pangkalan, ungkap Sriwati, SKM, M.Kes selaku Kasi Promkes sekaligus ketua panitia kegiatan.
Satuan Karya Pramuka Bakti Husada disingkat Saka Bakti Husada adalah wadah pengembangan pengetahuan, pembinaan keterampilan, penambahan pengalaman dan pemberian kesempatan untuk membaktikan diri seorang pramuka kepada masyarakat dalam bidang kesehatan melalui enam krida yang dimilikinya.
Pramuka Satuan Karya Bakti Husada (SBH) diharapkan dapat jadi agen kesehatan dilingkungannya. Sebab telah dibekali wawasan dan keterampilan, tentang arti penting kesehatan lingkungan dan budaya hidup sehat. Dengan pengetahuan inilah pramuka SBH dapat lebih dini mengetahui dan dapat berkoordinasi dengan Pembina dan pamong saka yang ada di puskesmas terdekat. (rusdi/dinkes)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar